Ideas : Kasus Covid-19 Diprediksi Mencapai 10 ribu Jelang Ramadhan

patroli
Dini hari tadi, aparat gabungan melakukan patroli di pelbagai kawasan di Jakarta. Foto: Antara.

Indonesiainside.id, Jakarta – Institute For Demographic and Poverty Studies (Ideas) memperkirakan menjelang bulan ramadhan akan terjadi ledakan virus corona atau covid-19 mencapai 10 ribu kasus. Untuk itu, pemerintah diminta segera menetapkan karantina wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Direktur Ideas Yusuf Wibisono meminta pemerintah dalam waktu dekat menetapkan Karantina Wilayah di daerah episentrum wabah terutama Jabodetabek dan Pembatasan Sosial Berskala Besar IPSBB) di wilayah Jawa lainnya. Hal tersebut mendesak dilakukan seiring akan masuknya bulan ramadhan pada 24 April dan Hari Raya Idul Fitri pada 25 Mei 2020.

Dengan perubahan kebijakan bersifat moderat dan diimplementasikan secara terbatas dan lambat, Ideas memproyeksikan ke depan jumlah kasus infeksi covid-19 Indonesia masih akan terus meningkat, menembus 10 ribu kasus pada hari ke-51, menjelang bulan Ramadhan 24 April 2020. Selanjutnya akan menembus 100 ribu kasus pada hari ke-73.

“Untuk mencegah jatuhnya korban jiwa yang lebih banyak, dalam satu pekan ke depan juga kami mendorong ditetapkannya PSBB di Jawa di luar Jabodetabek, terutama melarang aktivitas mudik atau pulang kampung. Wilayah metropolitan di Jawa amat potensial menyebarkan covid-19 ke seluruh Jawa,” ungkap Yusuf di Jakarta, JUmat (10/4).

Dia menjelaskan, budaya silaturahmi dan ziarah kubur jelang ramadhan, tradisi buka puasa bersama dan sholat tarawih berjamaah serta ritual mudik tahunan jelang Idul Fitri, adalah tantangan besar untuk menahan ledakan covid-19 di Tanah Air. Dalam situasi normal, Ideas memperkirakan jumlah pemudik dari Jabodetabek berada di kisaran 10 juta orang.

Yusuf menambahkan, jalur utama pergerakan mudik menuju Jawa Tengah sebanyak 4,7 juta orang, Jawa Barat 2,8 juta orang dan Jawa Timur 1,3 juta orang. :”Tanpa kesadaran dan kebijakan pembatasan yang ketat, potensi penyebaran covid-19 dari episentrum wabah ke penjuru Jawa adalah keniscayaan,” katanya.

Jika potensi ledakan wabah dari tradisi di bulan suci ini tidak dicegah secara optimal. Maka, berdasarkan pola penggandaan di berbagai negara, menurut dia, Indonesia terancam memasuki Idul Fitri dengan lonjakan kasus menembus 300.000 kasus. Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) adalah episentrum wabah covid-19.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here