Jubir Covid-19 Sebut Masa Inkubasi Covid-19 di Indonesia Hanya 5-6 Hari

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. Foto: Antara /Akbar Nugroho Gumay

Indonesiainside.id, Jakarta – Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, menyatakan virus Covid-19 memiliki masa inkubasi hingga 14 hari. Namun, rata-rata inkubasi di Indonesia 5-6 hari.

“Artinya, data positif yang kami dapatkan hari ini adalah dari kasus lima enam hari lalu. Kita sudah memiliki kesepakatan bersama untuk menghindari virus ini,” kata Yuri dalam jumpa pers di kantor BNPB, Jumat (10/4).

Kesepakatan tersebut diantaranya menjalankan physical distancing dan beraktifitas dari rumah. Namun dia menilai upaya ini tidak berjalan optimal, karenanya pemerintah pusat memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah secara berjenjang mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Hakekat dari kegiatan PSBB adalah untuk menegaskan kembali aktivitas orang per orang dari seseorang positif kepada orang yang rentan. Karena itu, mari kita patuhi bersama tentang kepatuhan physical distancing,” ujarnya.

Menurut dia, upaya ini merupakan solusi yang kuat untuk mencegah Covid-19. Dalam kesempatan itu, dia mengapresiasi umat Nasrani yang melaksanakan kegiatan Jumat Paskah dari rumahnya masing-masing.

“Kami bangga bahwa kami sudah melihat kepatuhan ini. Karena, ini merupakan kunci untuk memutus mata rantai penularan ini,” tuturnya.

Dia mengatakan, PSBB bukan kebijakan baru, tetapi kebijakan untuk memperkuat physical distancing. “Marilah kita lebih mengedepankan komitmen dan tegas mematuhi aturan ini,” katanya.

Sementara, Yuri mengingatkan, tantangan selain Covid-19 adalah penyakit demam berdarah (DBD). Karenanya, penting untuk menjaga selalu kebersihan. “Hanya dengan bersatu melawan Covid-19, kita bisa bekerja dengan lebih baik,” katanya. (SD)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here