Update Kasus Covid-19: Total 6.760 Kasus, 590 Meninggal dan 747 Pasien Sembuh

Data Covid-19
Data Covid-19 di Indonesia per 20 April 2020. Grafis: Devi/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan perkembangan kasus hingga Senin (20/4). Pasien yang meninggal akibat Covid-19 bertambah 8 kasus sehingga total meninggal dunia 590 kasus. Pasien sembuh bertambah 6 orang dengan total 747 orang yang sembuh.

“Kondisi sembuh ini berdasarkan kondisi klinis yang membaik, kemudian dua kali pemeriksaan PCR negatif. Penambahan kasus positif sejumlah 185 kasus, sehingga kumulatif menjadi 6.760,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB di Jakarta, Senin (20/4).

Dia menyampaikan, tidak semua kasus meninggal disebabkan kasus Covid-19. Ada kasus lain yang meninggal tidak disebabkan Covid-19, tapi penyakit penyertaan. Yuri menyatakan, pasien yang sudah sembuh tidak menularkan penyakitnya.

“Karena virus (Covid-19) di tubuhnya sudah mati,” katanya.

Karena itu, dia mengajak seluruh masyarakat bergotong-royong dalam melawan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menggunakan masker dan menghindari keramaian. “Maskerku melindungi kami dan maskermu melindungi aku,” katanya.

Dia juga mengingatkan di musim pancaroba ini kasus DBD meningkat. “Bersama keluarga kita berantas sarang nyamuk, karena kita fahami apabila infeksi Covid-19 dan infeksi DBD ini akan menyulitkan kita dan akan menambah angka kematian,” ujarnya.

Ia menegaskan agar tidak ada sikap diskriminatif kepada pasien Covid-19. “Juga jangan sampai ada lagi penolakan terhadap Jenazah Covid-19,” ujarnya. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here