Hari Ini, 14 ABK dan Satu Jenazah Kapal Long Xin 629 Dijadwalkan Tiba

Indonesiainside.id, Jakarta – Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, melaporkan bahwa hari ini (8/5), sebanyak 14 WNI Anak Buah Kapal (ABK) dari Kapal Long Xin 629 akan tiba di tanah air. Mereka dijadwalkan akan tiba pada pukul 15.00 WIB di Bandara Soekarno-Hatta.

Mereka dijemput dengan pesawat charter Garuda Indonesia, yang menurut pernyataan Hadi sudah diberangkatkan dari Bandara Internasional Incheon Korea Selatan. Dalam unggahan video yang dikirim Dubes Hadi, terlihat Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, sempat menelepon mereka sebelum berangkat.

Pesawat tersebut tidak hanya mengangkut 14 WNI ABK Kapal Long Xin 629, tetapi juga seorang jenazah yang merupakan WNI ABK di kapal itu. Retno menuturkan bahwa seorang berinisial EP meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Busan.

Di hari sebelumnya, Retno membeberkan bahwa pada tanggal 26 April, KBRI Seoul mendapatkan informasi bahwa EP sedang sakit. “Setelah dihubungi ke kamarnya, yang bersangkutan mengaku telah sakit lama, yaitu sesak napas dan batuk berdarah. Dia dibawa ke Busan Medical Center untuk dilakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, sehari setelah mengetahui informasi tersebut, EP meninggal dunia di rumah sakit setempat. Dari keterangan pihak rumah sakit, kata Retno, EP meninggal dunia karena pneumonia.

Retno juga mengatakan ke-14 WNI telah melakukan wawancara dengan Coast Guard Korea Selatan. Mereka dimintakan keterangannya perihal dugaan perbudakan manusia dan pelanggaran HAM yang dilakukan perusahaan kapal kepada ABK WNI.(PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here