Sebanyak 14.244 WNI ABK Telah Kembali ke Tanah Air

225 ABK Kapal MSC Magnifica Pulang ke Tanah Air (KJRI Marseille)

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memberikan beberapa informasi mengenai kepulangan WNI yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di kapal pesiar. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan total ABK yang kembali ke Indonesia sudah sebanyak 14.244 orang.

Angka tersebut, kata Retno, adalah total dari 23.500 WNI ABK dari 150 kapal. “Angka ini adalah angka per hari kemarin,” kata Retno dalam telekonferensinya, Senin (11/5).

Dia membeberkan bahwa para WNI ABK kembali melalui dua jalur, yaitu jalur udara dan jalur laut. Untuk jalur udara, mereka kembali melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan I Gusti Ngurah Rai. Sedangkan, untuk jalur laut, kata Retno, mereka kembali melalui pintu pelabuhan Benoa dan Tanjung Priok.

Sebelumnya di lain tempat, Dirjen Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Judha Nugraha, mengatakan bahwa dari total jumlah WNI ABK, mereka semua yang paling berpotensi terdampak Covid-19. Sehingga, banyak pihak principal kapal yang memutuskan untuk menghentikan operasional pelayaran.

“Principal juga mengembalikan krunya ke negara masing-masing. Tapi pengalaman kami, tidak semua awak kapal memilih pulang. Ada yang tetap bekerja sebagai minimum kru,” ungkap dia.

Selain itu, dia juga membeberkan data mengenai WNI ABK yang sudah terpapar Covid-19. Dia mengatakan per 6 Mei, dari 22 kapal pesiar, terdapat 172 WNI ABK yang terinfeksi positif Covid-19. Jumlah itu termasuk 87 orang dalam perawatan dan 81 orang dinyatakan meninggal dunia. (CK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here