Alhamdulillah, 136 WNI Jamaah Tabligh Kembali dari Pakistan

Muslim Pakistan membawa barangnya untuk persiapan Itikaf di sebuah masjid di Karachi, Pakistan, Kamis (14/5/2020). Agensi Anadolu/Sabir Mazhar

Indonesiainside.id, Jakarta – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Teuku Faizasyah, mengatakan bahwa pada 19 Mei kemarin, setidaknya ada 182 WNI yang berhasil difasilitasi kepulangannya ke Indonesia. Dia menyebut, jumlah itu datang dari berbagai latarbelakang pekerjaan.

“182 WNI terdiri dari 136 anggota Jamaah Tabligh, 17 mahasiswa, 13 santri, dan 16 pelancong atau traveler. Mereka telah kembali sesuai ketentuan pemerintah yang telah menjalani pemeriksaan kesehatan,” kata Faizasyah dalam telekonferensinya, Rabu (20/5).

Selain telah melakukan tes kesehatan, dia menegaskan bahwa mereka juga dibekali dengan surat keterangan sehat atau keterangan bebas dari Covid-19 dari otoritas Pakistan. Saat ini, Faizasyah mengatakan mereka sedang berada di Jakarta untuk menjalani proses pemeriksaan lanjutan.

“Kepulangan emreka difasilitasi oleh KBRI Islamabad. Mereka sedang menjalani karantina selama 14 hari di tempat yang sudah disediakan pemerintah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Faizasyah pun membeberkan bahwa pada 10 April hingga 19 Mei, masih ada WNI yang terjebak atau ditunda kepulangannya dari luar negeri. Dia menyebut ada 623 WNI yang dalam waktu dekat belum bisa kembali ke tanah air.

“Disebabkan karena pembatalan penerbangan dan kasus-kasus lainnya. Kami akan terus mengupayakan dapat memfasilitasi kepulangan mereka,” ujarnya. (MSH)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here