Mahfud MD: Shalat dan Halalbihalal di Rumah Saja

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, kembali menegaskan kepada umat Islam agar melaksanakan shalat Idul Fitri atau Ied di rumah masing-masing. Tidak hanya itu, dia juga menegaskan kepada masyarakat untuk melakukan halalbihalal di rumah dengan jumlah orang terbatas.

“Seruan seperti ini sudah dianjurkan secara sangat kuat oleh pemerintah, setelah membaca seruan-seruan lembaga keagamaan. Seperti Majelis Ulama Indonesia, Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, dan lain-lain,” ujar dia dilansir dari akun Twitter @polhukamRI, Jum’at (22/5).

Mahfud mengingatkan bahwa anjuran untuk shalat di rumah tidak hanya dilakukan di Indonesia, bahkan juga di masjid suci Makkah dan Madinah, yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Dia menuturkan dua masjid besar nan suci itu ditutup demi menyelamatkan kaum muslimin dari penularan Covid-19.

“Oleh sebab itu dari kediaman saya di Jakarta Selatan, saya mengajak kita semua mari shalat Ied di rumah dengan khusyuk,” kata Mahfud.

Sesudah melaksanakan shalat Ied, kata Mahfud, hendaknya masyarakat tidak membuat kerumunan untuk halalbihalal. Dia mengatakan halal bi halal bisa dilakukan melalui virtual.

“Atau kalau harus terpaksa bertemu, dengan keluarga inti saja. Dengan membatasi waktu dan tetap menjaga jarak,” tegasnya.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here