Indonesia Targetkan Uji Coba Vaksin Covid-19 Selesai Pertengahan 2021

vaksin corona
Uji coba vaksin Covid-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Foto: Antara.

Indonesiainside.id, Jakarta – Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 bentukan pemerintah menargetkan uji praklinis vaksin Covid-19 akhir 2020 mendatang. Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Ali Ghfuron Mukti mengatakan, pada awal 2021 beberapa uji klinis akan dimulai untuk memastikan keamanan serta efektivitas vaksin tersebut sebelum digunakan.

“Hasil dari uji coba tersebut diharapkan akan rampung pada pertengahan 2021,” kata Ali Ghufron Mukti pada saat memberikan keterangan pers virtual, Kamis (2/7).

Ali Ghfuron Mukti mengatakan, Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 tengah mengembangkan vaksin 3 metode. Lembaga ini merupakan gabungan perusahaan farmasi dalam negeri. Termasuk juga Kementerian Kesehatan, Kementerian Riset dan Teknologi, serta BUMN Bio Farma.

Salah satunya vaksin recombinant protein subunit dengan menggunakan virus Covid-19 di Indonesia. “Metode ini dipilih lantaran kami memiliki teknologi dan pengalaman serta penliti kami terbiasa mengembangkan vaksin dengan platform tersebut,” kata Ali Ghufron Mukti.

Dia mengaku mempercepat pengembangan vaksin yang biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun karena keadaan darurat. Konsorsium menargetkan waktu 18 bulan untuk pengembangan vaksin tersebut.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here