99 Kabupaten dan Kota Bebas Kasus Covid-19, Tak Satu Pun dari Pulau Jawa

Pasien Covid-19 di Surabaya sembuh. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Sebanyak 99 kabupaten dan kota di Indonesia bebas dari kasus Covid-19. Dari jumlah tersebut, 66 kabupaten dan kota tidak pernah melaporkan kasus Covid-19 dan 33 kabupaten dan kota tidak melaporkan kasus baru dalam empat minggu terakhir ini dan semua pasiennya sudah sembuh.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan, 99 kabupaten dan kota masuk kategori zona hijau atau tidak ada kasus positif per 28 Juni 2020. Namun, tidak satu pun kabupaten dan kota di Pulau Jawa masuk dalam kategori zona hijau.

“Menurut kami, (zona hijau) itu prestasi karena sebelumnya daerah-daerah itu ada yang sempat berstatus sebagai zona oranye, zona kuning, bahkan zona merah,” kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Wiku Adisasmito di Jakarta, Jumat (3/7).

Wilayah yang termasuk zona hijau karena sudah tidak melaporkan kasus positif antara lain Siak, Riau; Mukomuko, Bengkulu; dan Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

Selain itu, ada 53 kabupaten dan kota yang masuk dalam kategori zona merah di seluruh Indonesia akibat jumlah kasus positif masih tinggi. Wiku mengatakan, perubahan status zona ini sangat dinamis dan bisa berubah sewaktu-waktu.

“Ini tergantung kedisiplinan masyarakat dan upaya pimpinan daerah mempertahankan atau memperbaiki keadaan. Zona hijau bukan berarti tidak ada risiko,” jelas dia.

Sebanyak 14 kabupaten dan kota berubah status dari berisiko sedang ke risiko tinggi dalam beberapa waktu terakhir. Sebaliknya, ada 19 kabupaten dan kota yang situasinya membaik dari berisiko tinggi menjadi berisiko sedang.

Sejauh ini, Indonesia telah mengonfirmasi total 59.394 kasus Covid-19, dimana 26.667 pasien telah sembuh dan 2.987 orang meninggal. (Aza/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here