Covid-19 Memang Berpotensi Menyebar Lewat Udara

Ilustrasi penelitian Covid-19. foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Gugus Tugas Covid-19 menekankan bahwa virus Covid-19 menyebar melalui percikan liur (droplet). Mediumnya bisa beragam, bisa dengan kontak langsung antar orang yang berdektan atau benda-benda lain yang terpapar seperti ponsel, gagang pintu, tombol lift dan sebagainya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperbarui ringkasan ilmiah yang diterbitkan pada 29 Maret 2020, berjudul “Transmission of SARS-CoV-2: implications for infection prevention precautions”. Publikasi ternayar ini memaparkan bukti ilmiah baru bagaimana SARS-CoV -2, virus yang menyebabkan Covid-19 bertransimsi.

Merujuk penjelasan WHO, juru bicara pemerintah dalam penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan penyebaran covid-19 memang dimungkinkan secara aerosol, terutama di ruang tertutup. Sebab itulah ia menekankan kembali pentingnya penggunaan masker.

“Kita tahu penularan penyakit ini dari droplet orang yang sakit dan kita tahu bahwa droplet ini ada yang ukurannya kecil yang kita sebut micro droplet. Maka micro droplet akan melayang-layang dalam waktu relatif lama,” ujarnya kemarin (9/7).

Anggota Tim Pakar Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, I Gusti Ngurah Kade Mahardika dalam diskusi yang digelar Gugus Tugas Covid-19 menjelaskan, Covid-19 sebagai virus pernapasan sangat dimungkinkan menyebar lewat udara. Karenanya, pemerintah, pengelola ruang publik, pusat perbelanjaan, transportasi dan semacamnya tak bisa mengabaikan risiko ini.

“Sebagai virus pernapasan, sekali lagi virus ini berpeluang dari awal terjadi secara aeroasol seperti diketahui tidak hanya micro droplet saat batuk atau bersin, tetapi juga muncul micro droplet yang berpeluang terjadi melalui aerosol,” ujar Guru Besar FKH Universitas Udayana ini di Graha BNPB, Jumat (10/7).

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here