Prabowo Minta Semua Prajurit TNI Melakukan Tes Swab Massal

Menhan Parbowo Subianto. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta agar semua anggota TNI melakukan tes swab secara massal menyusul munculnya klaster baru penularan Covid-19 di Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI Angkatan Darat di Cimahi, Jawa Barat.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan tes Covid-19 tersebut harus dilaksanakan agar anggota TNI siap menjalankan tugas. “Apalagi saat ini TNI menjadi salah satu ujung tombak penanganan Covid-19 di lapangan,” kata Dahnil, Jumat (10/7).

Dahnil mendapatkan informasi telah dilakukan tes ke sejumlah unit dan kesatuan TNI. Namun, Prabowo menginginkan agar tes tersebut dilakukan secara menyeluruh. “Beliau minta bisa dilakukan (tes) secara berkesinambungan dan lebih luas,” kata Dahnil.

Pemerintah mengisolasi Secapa TNI Angkatan Darat di Bandung setelah ditemukan 1.262 kasus positif Covid-19 di lembaga pendidikan berasrama tersebut. Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, penyelidikan epidemiologi di Secapa TNI AD telah dilakukan sejak 29 Juni 2020.

Kasus Covid-19 yang ditemukan terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih. Menurut Yurianto, dari total kasus tersebut, hanya 17 orang yang dirawat di Rumah Sakit Dustira Cimahi karena mengalami demam, batuk dan sesak napas.

Sedangkan 1.245 orang lainnya dikarantina di Secapa TNI AD karena tanpa gejala. “Seluruh komplek pendidikan Sekolah Calon Perwira TNI AD di Bandung kita isolasi, kita karantina dan kita larang pergerakan orang baik masuk atau keluar komplek,” jelas Yurianto. (Aza/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here