Komisi I Dukung Langkah Prabowo Prioritaskan Alutsista Buatan Lokal

Tangkapan layar saat Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto (kanan), didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) saat mengunjungi Akademi Militer, Magelang, Jawa Timur. (ANTARA/ Abdu Faisal)

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dr Abdul Kharis Almasyhari mengapresiasi upaya Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk memprioritaskan belanja dalam negeri.

“Baik, ya, sepanjang dalam negerinya ada, khususnya alutsista (alat utama sistem persenjataan),” kata Andul Kharis, saat dihubungi di Jakarta, Senin(13/7).

Menurut dia, semangat untuk memenuhi kebutuhan alutsista dari dalam negeri sudah ada sejak lama, tetapi memang tidak semua kebutuhan alutsista bisa diproduksi dalam negeri.

Ia mencontohkan pesawat tempur yang selama ini memang mengharuskan Pemerintah Indonesia untuk pembelian dari negara lain.

“Kan enggak semuanya bisa dibeli di Indonesia. Misalnya (F-16) Viper, pesawat tempur,” kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Karena itu, Kharis mengatakan sepanjang kebutuhan pertahanan tersebut bisa dipenuhi dalam negeri, maka tidak menjadi persoalan.

“Namun, tidak menutup kemungkinan untuk membeli dari luar,” katanya pula.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh kementerian dan lembaga agar menghentikan anggaran belanja produk dari luar negeri dan seluruh belanja diprioritaskan untuk belanja di dalam negeri.

Belanja Pemerintah, dinilainya menjadi penggerak utama bagi perekonomian di tengah pandemi saat ini, sehingga regulasi yang berkaitan dengan belanja Pemerintah dapat lebih disederhanakan sesuai dengan kebutuhan di masa pandemi.

“Saya minta semuanya dipercepat, terutama yang anggarannya besar-besar. Ini Kemendikbud ada Rp70,7 triliun, Kemensos Rp104,4 triliun, Kemenhan Rp117,9 triliun, Polri Rp92,6 triliun, Kementerian Perhubungan Rp32,7 triliun,” kata Jokowi.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here