Survei Alvara: Masyarakat Lebih Butuh Bantuan Tunai dan Sembako Dibandingkan Kartu Prakerja

Sejumlah warga antre sembako di gedung Baznas Kabupaten Bogor, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin (20/4/2020). Pembagian 500 paket sembako terdiri dari 5 Kg beras dan 10 mie instan itu untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.

Indonesiainside.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal di hampir semua sisi kehidupan. Terlebih lagi di sisi ekonomi, masyarakat secara umum lebih membutuhkan bantuan tunai dan sembako dibandingkan jenis bantuan lainnya.

Lembaga Survei Alvara Research Center menyatakan bahwa bantuan tunai dan sembako adalah program bantuan pemerintah yang paling dibutuhkan masyarakat saat pandemi Covid-19. Kebutuhan ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan warga terhadap program prakerja.

CEO Alvara Institute Hasanuddin Ali mengatakan, 65,6 persen masyarakat menginginkan bantuan tunai, sementara bantuan sembako berada di bawahnya dengan 59,8 persen. “Kemudian bantuan yang lain-lain presentasenya jauh di bawah kalau kita lihat,” kata CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali dalam diskusi daring di Jakarta, Ahad (12/7).

Adapun bantuan lain yang di bawah dua bantuan itu ialah subsidi listrik 90 watt (28,7 persen), program kemandirian pangan (28,1 persen), program Kartu Prakerja (22,8 persen), subsidi listrik 450 watt (22,1 persen), dan tidak menjawab (4,6 persen).

Dengan temuan survei tersebut, kata Ali, diharapkan pemerintah dapat memaksimalkan instrumen program yang dimiliki agar dapat lebih menyentuh masyarakat.

Survei Alvara Research Center dengan tema ‘Respons Publik atas COVID-19 tersebut dilakukan terhadap 1.225 koresponden di seluruh Indonesia dengan margin kesalahan (margin of error) 2,86 persen.

Hasanuddin Ali mengatakan bahwa survei dilakukan menggunakan metode daring (online survey) dan wawancara telepon (mobile assisted phone interview) yang dilakukan pada 22 Juni 2020 hingga 1 Juli 2020. (Aza/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here