Jelang Penghabisan Demo, Massa Buruh Diprovokasi Kelompok Tak Dikenal

aksi demo RUU HIP
Serikat buruh berdemosntrasi di depan DPR RI menolak RUU Cipta Kerja, Kamis (16/7). Foto: Suandri Ansah/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Elemen buruh dan mahasiswa masih setia di depan gerbang DPR RI hingga Maghrib tiba, Kamis (16/7). Letupan-letupan provokasi mulai sering muncul.

Ketika seorang buruh mengumandangkan adzan dari atas mobil komando, terdengar letupan dari seberang tol di depan DPR. Sekelompok massa tak dikenal ternyata melempar batu ke kendaraan kepolisian.

Mereka bukan bagian dari massa aksi buruh dan mahasiswa. Mereka adalah sekelompok remaja yang usianya sepantar pelajar SMP dan SMA.

Polisi belum bisa mengonfirmasi siapa mereka sebenarnya. Beberapa dari mereka berhasil ditangkap dan diamankan petugas.

Sempat terjadi kejar-kejaran antara petugas dengan massa tak dikenal itu di area jalan tol. Polisi berhasil menangkap pelakunya.

Pantauan Indonesiainside.id di lokasi, sudah empat orang yang dibawa masuk ke pos polisi di DPR. “Itu kawan saya, Pak,” ujar salah seorang remaja saat digelandang petugas.

Polisi memperketat keamanan di sekitar gedung DPR. Setidaknya, empat unit water canon sudah dikelurkan dari DPR.

Tiga ditaruh di depan gerbang, yang satu di belokan arah Palmerah, dekat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Termasuk satu unit barracuda.

Saat ini, massa aksi sedang menunggu hasil pertemuan perwakilan mereka dengan DPR RI. Perwkilan dipimpin oleh Ketua KASBI, Nining Elitos mendiskusikan nasib RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here