Akibat Covid-19 Satu Juta Orang Jadi Pengangguran di Spanyol

Sejumlah pekerja pabrik berjalan di luar area pabrik saat jam istirahat di Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (7/4/2020). Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Krisis Covid-19 mengakibatkan lebih dari satu juta penduduk di Spanyol kehilangan pekerjaan pada kuartal kedua (Q2) tahun ini, menurut Survei Penduduk Aktif Ekonomi yang dipublikasikan oleh Kantor Statistik Spanyol, Selasa (28/7).

Studi kuartalan INE ini menunjukkan bahwa sekarang ini terdapat 18,6 juta orang di Spanyol yang memiliki pekerjaan setelah jumlah tersebut turun sebanyak 1.074.000 pada periode April-Juni.

Sementara itu, angka pengangguran naik sebanyak 55.000 menjadi 3,36 juta, dengan tingkat persentase sebesar 15,33 persen.

Seraya menjelaskan perbedaan besar antara menyusutnya jumlah orang yang bekerja dan mereka yang tercatat sebagai pengangguran, INE mengatakan banyak warga yang belum terdata sebagai pengangguran akibat pembatasan mobilitas.

Angka-angka ini tidak termasuk pekerja yang berada di bawah skema Temporary Regulation of Employment Proceedings, yang memungkinkan pemerintah membayar persentase upah pekerja agar para pemberi kerja dapat mempertahankan posisi mereka dan memungkinkan mereka untuk kembali bekerja begitu kondisi membaik. (EP/xh)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here