JK Imbau Umat Islam Tetap Lakukan Protokol Kesehatan jika Tak Ingin Ada Musibah Besar

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla. Foto: Imanuddin Ramdhani/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla berpesan kepada umat muslim melakukan protokol kesehatan dengan penuh disiplin untuk mencegah musibah lebih besar. Kedisiplinan dalam merayakan hari raya Idul Adha Jumat (31/7) besok adalah suatu kemutlakan. Protokol Kesehatan harus tetap menjadi pedoman saat Shalat Idul Adha.

“Jaga jarak masing-masing juga di masjid dan juga di lapangan apabila diadakan di lapangan,” ujarnya di Media Center Satgas Nasional, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (30/7).

Menurut dia, lapangan memang sering dianjurkan karena potensi penularan virus SARS-CoV-2 itu lebih mudah teratasi di lapangan terbuka, dibanding dengan masjid yang tertutup. Asal dipenuhi syarat-syarat kesehatan sebagai jarak yang sangat penting, pakai masker, dan tentu cuci tangan dengan sabun, itu semua adalah kemutlakan.

“Apabila kita ingin tentu selamat tetap beribadah dengan baik, tetap bertemu dengan teman-teman, dan seluruh keluarga kita semuanya,” lanjutnya.

Selanjutnya Jusuf Kalla menyampaikan bahwa Jumat esok akan diselenggarakan dua ibadah dalam sehari. Salat Idul Adha pagi hari dan salat Jumat pada siang hari.

Hal itu tentu akan diberikan perhatian bahwa sebelum salat Idul Adha, masjid-masjid harus dibersihkan, disterilkan dengan disinfektan dengan baik. “Sebelum dilaksanakan, dan tentu karena juga menjelang salat Jumat setelahnya harus dibersihkan lagi,” katanya.

Itu adalah cara untuk melaksanakan ibadah dengan baik, untuk menjaga jamaah agar tetap dalam keadaan selamat dan baik. “Karena apabila kita tidak memenuhi itu, maka tentu akan berakibat fatal apabila tidak disiplin masyarakat. Inti daripada Covid itu adalah pertama disiplin, dan intervensi kita untuk mensterilisasi rumah, bangunan-bangunan, kantor-kantor kita, serta seluruh sarana-sarana yang ada. Itu kedua cara yang sangat penting,” katanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here