WNI di Malaysia Apresiasi Penangkapan Djoko Tjandra

“Begitu juga bagi pengembangan hubungan antarpemerintah (G-to-G), Malaysia tampaknya memiliki pandangan yang cukup jauh mengenai kebutuhan hubungan persahabatan dengan Indonesia untuk menjalankan urusan dan isu-isu yang lebih luas secara global,” katanya.

Sekretaris Majelis Perwakilan KAHMI Malaysia Yuri Buchari mengaprasesiasi langkah dan keberhasilan Polri menangkap Djoko Tjandra.

“Sungguh ini sebuah sinyalemen bahwa institusi ini bisa menjadi tulang punggung penegakan hukum yang adil sesuai dengan cita-cita Pancasila, sekaligus menjadi jawaban terhadap keraguan sebagian orang bahwa penegakan hukum itu tumpul ke atas,” katanya.

Alumnus Universitas Islam Antarbangsa Malaysia (IIUM) ini mengharapkan pengusutan tuntas terhadap kasus tersebut dengan seadil-adilnya.

“Kami berharap agar institusi Polri mampu mengurai permasalahan ini dan mengadili seadil-adilnya mereka yang terlibat sesuai dengan porsi dan intensitas masing-masing,” katanya.

Yuri mengatakan bahwa penangkapan tersebut sekaligus menjawab tuduhan yang berseleweran bahwa Djoko Tjandra dilindungi elite Malaysia, padahal pemenrintah Malaysia malah begitu rapi memberikan kerja sama.

“Hal ini perlu diapresiasi sekaligus bisa dijadikan iktibar bahwa penegakan hukum itu di atas segalanya, termasuk di atas elite-elite negera sekalipun,” kata pria asal Madura tersebut.(EP/ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here