Bamsoet Minta Kemenkes Tingkatkan Keamanan bagi Tenaga Medis

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan pimpinan MPR bertemu dengan Ketua PBNU K.H. Said Aqil Siroj di Kantor PBNU, Jakarta, Jumat (3-7-2020). ANTARA/HO-Humas MPR RI

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meningkatkan keamanan bagi tenaga medis. Pasalnya, meningkatnya kasus infeksi Covid-19 terjadi pada para tenaga kesehatan.

“Saya mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan bersama pihak rumah sakit meningkatkan keamanan bagi tenaga medis yang bertugas menangani pasien Covid-19 di lingkungan rumah sakit,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (3/8).

Bambsoet juga mendorong Kemenkes dan pihak rumah sakit melengkapi tenaga medis dengan sarana protokol kesehatan dan menjaga kebersihan rumah sakit. Dengan demikian, dapat meminimalkan terjadinya perluasan penularan Covid-19, baik antara sesama pasien maupun sesama tenaga medis.

Dia juga mendorong pemerintah dapat terus memastikan baik fasilitas, sarana dan prasarana di seluruh fasilitas kesehatan khususnya rumah sakit rujukan Covid-19 memadai. Selain itu, kata dia, fasilitas tersebut juga harus sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) penanganan Covid-19 yang berlaku.

“Misalnya, tercukupinya alat pelindung diri bagi tenaga medis, ruang isolasi, tempat cuci tangan, maupun alat penunjang kesehatan lainnya, mengingat rentannya tenaga kesehatan terinfeksi Covid-19 akibat masih minimnya perlindungan, yakni APD,” ungkapnya.

Bamsoet juga meminta pemerintah melakukan pendataan tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid-19 untuk digunakan pemerintah sebagai rekomendasi kebijakan pencegahan ke depannya. Mengingat, skema perlindungan para tenaga kesehatan dibuat berdasarkan temuan dari data tersebut.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here