DPR Minta Masyarakat Bijak Tanggapi Klaim Hadi Pranoto Temukan Obat Corona

Musisi Anji mewawancarai pria bernama Hadi Pranoto di kanal Youtube Dunia Manji.

Indonesiainside.id, Jakarta – Anggota Komisi Kesehatan DPR, Intan Fauzi, meminta masyarakat tidak mudah percaya terhadap klaim pria bernama Hadi Pranoto yang mengaku menemukan obat herbal antibodi untuk menyembuhkan Covid-19. Dia menyebut setiap obat atau vaksin harus teruji klinis dan tetap mengacu pada izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Intan menjelaskan,BPOM tidak serta mengeluarkan izin begitu saja, ada prosedur yang harus dilewati, baik administrasi maupun verifikasi untuk kemudian dikeluarkan izin edar. Dia menyebut tata niaga dalam sistem yang selama ini sudah disepakati harus menjadi sandaran.

Politikus PAN itu mengatakan, tidak menutup kemungkinan Satgas Covid-19 bisa menghentikan peredaran obat yang diklaim Hadi. Terlebih lagi, obat yang diklaim Hadi belum terdaftar di BPOM.

“Harus ada izin edar dari BPOM, sebetulnya sandarannya itu. Toh, vaksin yang sedang akan diuji coba saja melibatkan lembaga Eijkman, Kemenkes, BPOM karena terkait nanti izin edar untuk di Indonesia bicara obat, makanan, minuman, kosmetik itu harus ada izin edar BPOM,” kata Intan kepada wartawan di Jakarta, Senin (3/8).

Dia lalu meminta masyarakat mencari tahu kebenaran informasi yang disampaikan Hadi Pranoto. Terlebih lagi Hadi Pranoto mengaku sebagai profesor yang mengaku menemukan obat. Menurut dia, masyarakat harus bersikap kritis dalam menanggapi klaim tersebut.

“Sebetulnya mudah saja, satu profesornya dari mana, terus dia sendiri sudah bilang bahwa sudah di-supply ribuan termasuk ke Wisma Atlet, kan kebenarannya sebetulnya sangat mudah apa benar ada seperti itu,” ucap Intan. (ASF)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here