Hadi Pranoto Klaim Temukan Vaksin Corona, DPR: Pemerintah Harus Klasifikasi

Musisi Anji mewawancarai pria bernama Hadi Pranoto di kanal Youtube Dunia Manji.

Indonesiainside.id, Jakarta – Anggota Komisi Kesehatan DPR RI, Saleh Daulay, meminta pemerintah merespons serius pernyataan Hadi Pranoto yang mengaku menemukan obat herbal antibodi untuk menyembuhkan pasien Covid-19. Informasi terkait Covid-19 di media sosial harus disaring agar tidak menimbulkan persepsi negatif di tengah masyarakat. Dalam hal ini, pemerintah memegang peranan sangat penting.

Saleh menjelaskan, informasi terkait Covid-19 menyangkut keahlian khusus, maka orang yang harus berbicara adalah mereka yang memiliki latar belakang pendidikan terkait virus. Menurutnya, Jika informasi yang diberikan salah, akan banyak orang yang terkena dampak.

“Kalau semua orang boleh bicara, informasinya akan simpang siur. Bahkan, antara satu dengan yang lain bisa saling tumpang tindih. Jika informasi yang diberikan salah, akan banyak orang yang terkena dampak. Tentu itu sangat tidak baik di tengah niat baik semua orang dalam memerangi Covid-19,” kata Saleh di Jakarta, Senin (3/8).

Saleh lalu meminta pemerintah berada di garda terdepan dalam memberikan informasi valid kepada masyarakat. Berbagai informasi yang berserakan di media sosial harus disaring. Jika ditemukan ada informasi salah, maka pemerintah harus meluruskan.

“Di situlah pentingnya jurubicara Covid-19 yang dibentuk pemerintah. Tentu di dalam tim jurubicara ada ahli-ajli yang representatif meluruskan dan memberikan informasi valid,” ucap Saleh.

Sebelumnya, video di kanal Youtube milik musisi Anji, beberapa waktu lalu, menuai kontroversi. Dalam sebuah videl, Anji mewawancarai Hadi Pranoto yang disebutnya sebagai profesor dan pakar mikrobiologi.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here