Kemenkes: Belum Ada Obat Spesifik untuk Covid-19

Musisi Anji mewawancarai pria bernama Hadi Pranoto di kanal Youtube Dunia Manji.

Indonesiainside.id, Jakarta– Kementerian Kesehatan menyatakan belum ada negara atau lembaga yang berhasil menemukan obat spesifik untuk menanggulangi Covid-19.  Penegasan ini disampaikan menanggapi klaim dari Hadi Pranoto, seseorang yang mengaku berhasil menemukan obat untuk Covid-19 dalam wawancara melalui kanal youtube seorang figur publik.

Hadi mengklaim dirinya sebagai ahli mikrobiologi, namun tidak memiliki rekam jejak dan publikasi ilmiah di dalam bidang tersebut. Pelaksana tugas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Slamet meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang diragukan kebenarannya.

“Lakukan saring sebelum sharing, bersikap kritis dan cari informasi dari sumber yang terpercaya,” kata Slamet melalui keterangan pers, Senin (3/8).  “Kepada seluruh pihak, khususnya tokoh publik, kami harap dapat memberikan pencerahan tentang Covid-19 kepada masyarakat dan bukan sebaliknya menimbulkan pro dan kontra,” jelas dia.

Menurut Slamet, produksi obat juga harus melalui sejumlah proses, diawali dengan penemuan bahan atau zat lewat penelitian.  Bahan atau zat potensial itu harus melewati proses pengujian di antaranya uji aktivitas zat, uji toksisitas in vitro dan in vivo pada tahap pra-klinis, kemudian uji klinis sebanyak tiga fase.

Kemudian kandidat obat atau vaksin harus memiliki izin edar, diproduksi melalui cara pembuatan obat yang baik dan dikontrol pemasarannya.  Slamet menuturkan saat ini banyak lembaga internasional dan nasional sedang bekerja keras untuk mendapatkan obat ataupun vaksin Covid-19.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here