Kunjungan Erdogan ke Indonesia Ditunda Tahun 2021

Presiden Jokowi dan Presiden Erdogan. Foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta- Kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Indonesia kemungkinan ditunda hingga 2021 menyusul pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung.  Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal menyampaikan hingga kini belum ada informasi mengenai kunjungan Erdogan ke Indonesia dalam waktu dekat.

Namun Iqbal memastikan kunjungan tersebut tetap akan berlangsung. “KBRI mengusulkan ke Jakarta agar digeser ke awal tahun depan karena berbagai pertimbangan, tetapi menunggu persetujuan Jakarta,” ujar Lalu kepada Anadolu Agency pada Senin (8/3).

Lalu menyampaikan hubungan kedua negara sangat baik dan Presiden Erdogan dan Presiden Joko Widodo antusias dalam menjalani kerja sama.  “[Kunjungan Erdogan] ini masalah penetapan waktu saja,” kata Iqbal.

Duta Besar Turki untuk Indonesia Mahmud Erol Kilic juga menyampaikan informasi mengenai kunjungan Presiden Erdogan ke Indonesia.  “Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari kedua kantor kepresidenan terkait kunjungan, penundaan, atau pembatalan,” terang Kilic kepada Anadolu Agency.

Sementara itu, Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyampaikan Erdogan akan mengunjungi Indonesia jika pandemi Covid-19 sudah mereda.  “Rencananya kalau sudah aman,” kata Bey Machmudin dalam pesan singkatnya kepada Anadolu Agency.

Pada Ahad sore, Presiden Joko Widodo menerima telepon dari Presiden Erdogan untuk saling menyampaikan selamat hari raya Idul Adha.  Dalam percakapan tersebut, Presiden Joko Widodo menyambut baik adanya peningkatan kerja sama kedua negara, termasuk adanya kemungkinan kerja sama dalam penanganan Covid-19.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here