DPR: Jangan Manfaatkan Pandemi untuk Mencari Sensasi

Musisi Anji mewawancarai pria bernama Hadi Pranoto di kanal Youtube Dunia Manji.

Indonesiainside.id, Jakarta – Anggota Komisi Kesehatan DPR, Kurniasih Mufidayati, menanggapi klaim Hadi Pranoto telah menemukan obat Covid-19 saat diwawancari musisi Anji di kanal Youtube Dunia Manji. Hadi mengklaim obat hasil penemuannya ampuh mengobati pasien Covid-19.

Menurut Kurniasih, klaim Hadi Pranoto itu terlalu dini. Semua obat yang harus melalui uji klinis lalu dilaporkan kepada BPOM agar masyarakat bisa menggunakan.

“Semua yang mengklaim obat/penangkal, baik herbal maupun medis, harus melalui uji klinis sesuai dengan standar dan dalam pengawasan lembaga berwenang,” ucap Kurniasih kepada wartawan di Jakarta, Selasa (4/8).

Dia mengingatkan semua pihak agar tidak memanfaatkan pandemi Covid-19 untuk mencari sensasi. Misalnya, membuat judul vidoe ‘menemukan obat corona’ untuk mendapatkan pengunjung.

“Kemudian, dari sisi komunikasi, sebaiknya jangan hanya menyebarkan aspek marketing atau clickbait dengan klaim sebutan obat penangkal apalagi vaksin,” ucap Kurniasih.

Politikus PKS itu meminta masyarakat membantu pemerintah menangani wabah Covid-19 dengan tidak menyebarkan informasi simpang siur. Komunikasi, infomasi, dan edukasi tentang penanganan Covid-19 sebaiknya dilakukan secara transparan.

“Mari kita saling jaga kesehatan keluarga, kerabat, lingkungan sekitar dan masyarakat agar menjaga imunitas diri dan disiplin terhadap protokol kesehatan untuk menekan angka penularan Covid-19,” tutur Kurniasih. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here