Ujian Seleksi Masuk UI yang Diikuti 65 Ribu Peserta akan Dilaksanakan Secara Daring

Para siswa yang mengenakan masker menatap layar komputer sebelum memulai ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di tengah merebaknya wabah Covid-19 di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta di Limo, Depok, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). Xinhua/Agung Kuncahya B.

Indonesiainside.id, Depok— Ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk semua jenjang dan program pendidikan kembali dilaksanakan bagi seluruh peserta di dalam maupun luar negeri yang diikuti 64.250 peserta secara daring. Peserta ujian berasal dari dalam negeri dan luar negeri.

“Para peserta dari luar negeri berasal dari negara Korea Selatan, Qatar, Saudi Arabia, dan Thailand,” kata Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia dalam keterangannya, Rabu (5/8).

Program studi yang dibuka pada SIMAK UI 2020 bagi lulusan SMA/Sederajat adalah 13 program studi Vokasi (D3), 64 program studi Sarjana Reguler, 35 program studi Sarjana Paralel. Selain itu juga 16 program studi Sarjana Kelas Internasional.

Sebelumnya, telah dilaksanakan Ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional pada pada Minggu (19/7) dan S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3 dan Pascasarjana pada Minggu (26/7) yang juga dilakukan secara daring. Menurut dia dengan pertimbangan situasi pandemi Covid-19 saat ini, UI tetap mengupayakan pelaksanaan ujian secara daring agar seluruh peserta di berbagai wilayah di Indonesia dapat berkesempatan mengikuti seleksi, tanpa harus bertandang ke lokasi ujian.

Sesuai dengan informasi yang tercantum dalam website UI, Ujian online dilakukan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), setiap peserta dapat mengikuti tes menggunakan ponsel, tab, laptop, komputer, untuk mengakses laman tes SIMAK UI tersebut. Panitia SIMAK UI juga mengerahkan tim pengawas melalui webcam/kamera smartphone untuk mengawasi berjalannya ujian.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here