Empat Kali Erupsi, Maskapai Penerbangan Diminta Waspada

Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Sumatera – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, tercatat mengalami empat kali erupsi, Kamis (13/8). Status oranye pada notifikasi keamanan penerbangan (VONA) telah diterbitkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Status tersebut menunjukkan gunung berapi mengalami erupsi dengan ketinggian kolom abu vulkanik di bawah 6.000 meter di atas permukaan laut. Saat ini, Gunung Sinabung berstatus siaga atau berada di level III setelah beberapa kali mengalami erupsi.

Dilansir dari Anadolu Agency, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, memastikan hal tersebut melalui keterangan tertulis. “(Status oranye) ini mengindikasikan adanya potensi erupsi dan meminta maskapai penerbangan untuk semakin waspada,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanael Peranginangin, menuturkan bahwa keempat erupsi Gunung Sinabung mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian 1.000 hingga 2.000 meter dari puncak. Erupsi pertama hari ini terjadi pada pukul 06.07 WIB, kemudian pada pukul 08.02 WIB, pukul 08.31 WIB, dan pukul 13.08 WIB.

“Saat ini erupsi sudah berhenti, tetapi hembusan abu masih berlangsung,” kata Natanael. Dia menuturkan 24 desa di Kecamatan Namanteran, Merdeka, Brastagi, dan Dolat Rakyat diselimuti hujan abu vulkanik.

Sehingga, BPBD mengimbau masyarakat untuk tetap waspada lantaran erupsi masih berpotensi terjadi. “Dari seismogram menunjukkan aktivitas kegempaan masih tinggi jadi potensi erupsi juga masih mungkin terjadi,” imbuhhnya.

Sementara ini, BPBD pun meminta masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah untuk menghindari dampak abu vulkanik terhadap kesehatan. Jika harus keluar rumah, masyarakat diimbau menggunakan masker. Selain itu, BPBD juga meminta masyarakat untuk tidak beraktivitas di zona merah dalam radius 3-5 kilometer dari puncak gunung. (RAM)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here