Pandemi Covid-19, DPR: Rakyat Menuntut Kinerja Optimal Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi

Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengatakan bahwa rakyat menuntut pemerintah bekerja optimal, bertindak cepat, dan terpadu dalam menjalankan berbagai program pemulihan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat terdampak pandemi virus corona (Covid-19). Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan bahwa keselamatan rakyat merupakan asas tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan yang menjadi semakin dalam menghadapi virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Cina, itu.

“Pemerintah telah diberikan ruang kewenangan yang memadai dalam menjalankan kebijakan fiskal, kebijakan keuangan negara, dan stabilitas sistem keuangan untuk mengatasi pandemi serta dampaknya,” ujarnya dalam sidang tahunan DPR/MPR jelang peringatan kemerdekaan Indonesia ke-75, Jumat (14/8).

Dia memaparkan, kewenangan tersebut diberikan melalui Undang-Undang Nomor 2/2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19. Regulasi itu dikeluarkan dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan.

Puan menuturkan, kewenangan tersebut diberikan untuk bisa memulihkan kondisi sosial dan ekonomi setelah pada kuartal kedua lalu mengalami kontraksi sebesar minus 5,32 persen. Bahkan, lanjut Puan, semua sektor dan lapangan usaha rakyat terganggu sehingga mengakibatkan berkurangnya pendapatan, meningkatnya pengangguran, meningkatnya angka kemiskinan, dan turunnya derajat kesehatan rakyat.

“Tatanan, kebiasaan, dan perilaku baru untuk beradaptasi dengan Covid-19 serta pulihnya perekonomian nasional menjadi harapan bagi rakyat Indonesia,” tuturnya. Dengan demikian, dia memaparkan bahwa pemerintah diharapkan bisa melaksanakan berbagai langkah yang efektif baik melalui kebijakan, koordinasi lintas sektor, melalui instrumen fiskal dan moneter, serta mengkonsolidasikan sumber daya yang ada untuk segera memulihkan kehidupan sosial dan ekonomi. (RAM/AA)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here