Kader PKK Diusulkan Terima Subsidi Upah

Subsidi upah BPJamsostek

Indonesiainside.id, Mataram – Sebanyak 15.147 orang karyawan dari 87 perusahaan dan kader PKK-Posyandu di Mataram Provinsi NTB telah diusulkan menjadi penerima bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp600 ribu per bulan untuk membantu perekonomian mereka di tengah pandemi Covid-19.

“Dari 15.147 orang yang diusulkan itu, 2.323 orang merupakan pegawai tidak tetap (PTT) di Pemerintah Kota Mataram, kader PKK-Posyandu 1.784 orang, dan sisanya buruh harian lepas di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR),” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram Hariadi di Mataram, Senin.

Menurutnya, jumlah PTT di lingkup Pemerintah Kota Mataram mencapai sekitar 4.000 orang, namun yang sudah terlindungi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) baru kader dan buruh di Dinas PUPR, sebanyak 2.323 orang.

“Sementara lainnya, belum ada terkonfirmasi dari BPJamsostek. Mungkin saja mereka masuk menjadi anggota Taspen, karena yang didata akan mendapat BSU hanya anggota aktif BPJamsostek sampai Juni 2020,” katanya.

Menurutnya, kriteria karyawan yang akan mendapatkan BSU selama empat bulan dari pemerintah sesuai dengan Permenaker 14/2020, antara lain karyawan yang bergaji di bawah Rp5 juta, dan masih menjadi peserta BPJamsostek sampai Juni 2020, dengan angsuran di bawah Rp150 ribu dan non PNS serta BUMN.

“Kalau ada karyawan yang mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan di atas bulan Juni 2020, karyawan tersebut tidak bisa masuk kriteria,” katanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here