2 Kapal Perang Produksi Dalam Negeri Diluncurkan

Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono (kanan), saat meninjau kapal patroli cepat kelas PC 40 M yang baru diresmikan, di Galangan PT Karimun Anugrah Sejati, Batam, Kepulauan Riau, Senin (25/8). Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – TNI Angkatan Laut meluncurkan kapal perang Patroli Cepat (PC-40 M) Karotang-872 dan Mata Bongsang-873 di Galangan PT Karimun Anugrah Sejati Batam, Kepulauan Riau. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, mengatakan bahwa sebagai negara maritim kepulauan terbesar di dunia, sudah seharusnya Indonesia memiliki kemampuan memadai untuk mengamankan wilayah perairan yang luas.

“Pemenuhan kapal patroli ini harus ditunjang dengan peningkatan kemampuan dan profesionalitas prajuritnya. Sebagai wujud TNI AL yang professional, modern, dan tangguh,” ujarnya saat meresmikan pemberian nama dua kapal itu, Senin (24/8).

Dilansir dari Anadolu, kedua kapal tersebut akan melengkapi alutsista di Satuan Patroli (Satrol) Lantamal X Jayapura dan Satrol Lantamal I Belawan. Karotang-872 dan Mata Bongsang-873 ini adalah produksi perusahaan tanah air, yakni PT Karimun Anugrah Sejati.

Dengan panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter dan bobot 220 ton, PC-40 M berkapasitas 35 prajurit. Kapal pun mampu melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot, dan kecepatan ekonomis 15 knot.

Selain itu, kedua kapal tersebut memiliki ketahanan berlayar selama enam hari. PC-40 M juga dilengkapi dengan dua radar beserta senjata Meriam 30 mm. (RAM)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here