Kiai Ma’ruf Minta Produksi Vaksin Dipercepat

Wapres Kiai Ma'ruf Amin. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta PT Bio Farma mempercepat produksi vaksin Covid-19 sebagai upaya paling efektif dalam penanggulangan pandemi.

“Saya berharap, terutama dalam produk vaksin, saya minta supaya lebih cepat karena situasi memang sangat membutuhkan. Maka, satu-satunya upaya penanggulangan Covid-19 ini adalah dari vaksin,” kata Wapres Ma’ruf Amin saat melakukan sambungan telekonferensi dengan direksi PT Bio Farma di Jakarta, Kamis.

Tingkat penularan Covid-19 yang masih cukup tinggi di Indonesia terjadi karena masih banyak masyarakat tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, kata Ma’ruf.

Selain itu, tambahnya, upaya lain yang diterapkan Pemerintah saat ini juga belum secara signifikan menekan angka penyebaran Covid-19.

“Melalui upaya-upaya protokol kesehatan, melalui upaya-upaya penanggulangan yang lainnya juga masih belum efektif. Sebab, ternyata untuk penyembuhan sudah mulai baik, tetapi penularan masih cukup tinggi,” jelasnya.

Oleh karena itu, Wapres Ma’ruf secara langsung meminta Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir untuk mempercepat proses produksi, termasuk juga proses sertifikasi halal atas vaksin Covid-19.

Sementara itu, Honesti mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait proses sertifikasi halal terhadap vaksin buatan dalam negeri tersebut.

“Kami akan ikuti semua arahan Pak Wapres. Apa pun nanti progresnya, kami akan segera koordinasikan dengan tim dari MUI,” kata Honesti dalam sambungan telekonferensi tersebut.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here