Bulan Ini, BPS Lakukan Pendataan Lapangan Sensus Penduduk

Ilustrasi Gedung BPS. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Setelah berhasil mengumpulkan 51,36 juta penduduk dalam sensus penduduk online (15 Februari-29 Mei 2020), Badan Pusat Statistik (BPS) mulai melakukan pendataan lapangan untuk sensus penduduk pada bulan ini. Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto, mengatakan bahwa jumlah yang berhasil dijaring secara online sangat besar, bahkan hampir dua kali lipat penduduk Australia.

“Ini bukti bahwa sensus penduduk telah menjadi milik dan bagian kehidupan masyarakat kita,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (1/9).

Kendati demikian, lanjut Suhariyanto, pekerjaan dalam sensus penduduk belum selesai. Pasalnya, masih ada sekitar 81 persen penduduk Indonesia yang harus dicatat keberadaannya.

Suhariyanto pun berujar, bakal dilakukan penyesuaian terkait pelaksanaan pendataan, salah satunya dengan membuat pembagian wilayah menjadi tiga zona pendataan. Hal tersebut dilakukan lantaran pendataan ini berjalan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

“Pelatihan yang biasanya dilakukan tatap muka, diganti lewat pembelajaran mandiri di TVRI dan RRI,” kata dia. Dia menambahkan, protokol kesehatan juga ketat dijaga dan petugas sensus harus ikut rapid test terlebih dahulu, serta menggunakan masker, face shield, sarung tangah, dan tetap menjaga jarak ketika di lapangan. (RAM/AA)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here