Rachel Maryam, Nico Siahaan, dan Farhan Jadi Anggota Panja RUU PDP

Adapun RUU PDP adalah usulan dari Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Namun, pada saat rapat Komisi I DPR RI hari ini, Menkumham dan Mendagri mengirimkan perwakilannya yaitu Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM Widodo Eka Cahyana dan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh.

Menkominfo mengatakan RUU Perlindungan Data Pribadi itu disampaikan Presiden Joko Widodo kepada DPR RI melalui Surat Presiden Nomor R05/Pres/01/2020 tanggal 24 Januari 2020.

“Perlu kami sampaikan bahwa kebutuhan RUU Perlindungan Data Pribadi semakin nyata dan mempertimbangkan kebijakan negara-negara sahabat yang mensyaratkan negara lain, termasuk Indonesia, agar memiliki perlindungan terhadap data pribadi yang setara dengan negaranya untuk kebutuhan pemrosesan data pribadi antarnegara baik di tingkat global maupun di lingkup regional ASEAN,” kata Johnny.

Selain itu, menurut Johnny, RUU Perlindungan Data Pribadi dapat memberikan rasa aman kepada publik dalam penggunaan ragam platform aplikasi internet.(AIF/ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here