Hindari Silent Killer, Waspadai Teman Sendiri karena Siapa Tahu Dia OTG

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Waspada lebih baik daripada mengobati. Waspada tak harus mencurigai apalagi memfitnah. Cukup waspada saja dengan taat pada protokol kesehatan, yakni pakai masker, jaga jarak, dan sering cuci tangan.

Jika keselamatan dari bahaya Covid-19 adalah nomor satu, maka siapa saja di antara orang terdekat kita patut diwaspadai. Siapa tahu dia silent killer karena terpapar Covid-19 dengan kategori OTG atau orang tanpa gejala.

Demikian pesan dari Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo. “Bukan orang yang jauh dari kita. Yang menulari kita adalah orang yang terdekat. Siapa orang terdekat, yakni keluarga, saudara, sanak, famili, atau teman sekerja. Itulah yang berpotensi,” katanya dalam siaran pers satuan tugas yang diterima di Jakarta, Ahad (27/9/20).

Doni mengatakan, orang-orang terdekat berpotensi menjadi penular Covid-19. Karena itu, dia menekankan pentingnya menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari risiko penularan virus ganas asal Wuhan, China, itu.

“Jadi sebenarnya kita yang terdekat satu sama lain itu adalah saling mengancam kalau tidak hati-hati,” katanya.

Dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 bersama Pemerintah Provinsi Aceh di Aceh, Sabtu (26/9), Doni mengingatkan seluruh lapisan masyarakat bahwa perantara utama penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 adalah manusia.

“Covid-19 ini yang menyebarkan bukan seperti flu burung atau flu babi. Flu babi dan flu burung ditularkan oleh hewan, COVID-19 ini ditularkan oleh manusia,” katanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here