Netizen: Narsum DW Indonesia Pendiri JIL dan Istri Politisi PSI

Nong Darol Mahmada dan politisi PSI M. Guntur Romli. Foto: istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Video tentang jilbab atau hijab yang diunggah Deutch Welle (DW) Indonesia menuai kontroversi di dunia Maya. DW menjadi sasaran kecaman karena dinilai menggiring sentimen Islamofobia.

“Liputan ini menunjukkan sentimen “islamofobia” n agak memalukan utk kelas @dwnews,” ujar Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen DPR RI, Fadli Zon, di Twitter.

Netizen kemudian membongkar siapa saja narasumber yang digunakan oleh DW Indonesia dalam video yang mengulas dampak buruk anak dipaksa memakai jilbab sejak kecil.

Dia adalah Nong Darol Mahmada. DW Indonesia menyebut Darol Mahmada sebagai feminis muslim. diungkapkan adalah bahwa Darol Mahmada merupakan salah satu pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL) dan istri politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Mohamad Guntur Romli.

Tangkapan layar Twitter

“Gue baru engeh nara sumber yg dipakai @dw_indonesia istrinya anak PSI @GunRomli yg saat pilkada DKI 2017 mainan fear mongering agama. Pantesan narasinya kayak an**ng,” tulis @Toperendusara1.

Dari blog pribadinya, Nong Darol mengaku lahir dari keluarga santri. Sejak kecil belajar mengaji. Lulus SD, kemudian nyantri di pesantren Cipasung Tasikmalaya dari SMP-SMA. Padahal orang tuanya juga punya pesantren dan sekolah.

Keluar dari Cipasung, Darol kuliah di IAIN Ciputat. Namun dia mengaku lebih banyak dapat ilmu di Formaci, seminar, diskusi, dan jalanan.

Pada Maret 2001, Darol bersama rekan-rekannya mendirikan Jaringan Islam Liberal (JIL).

Netizen juga membongkar jejak digital DW Indonesia, salah satunya soal masalah LGBT.

(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here