Yudi Latif: Nilai Pancasila Bisa Bentuk Kolektif Bangsa

Yudi Latif Sebut Program Bansos Kurang Imajinasi
Yudi Latif, mantan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Foto: Suandri Ansah/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Semarang– Pembentukan kolektif bangsa yang baik akan berkembang melalui pembudayaan nilai-nilai Pancasila. Pendapat ini disampaikan Mantan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif, Ph.D.

“Hal ini mengingat kedirian manusia itu terdiri atas dua sisi: kedirian yang sifatnya personal dan kedirian yang sifatnya publik,” kata Yudi Latif ketika dikonfirmasi laman Antara di Semarang melalui percakapan WhatsApp, Ahad (27/9) malam.

Menurut penulis buku “Negara Paripurna: Historitas, Rasionalitas, Aktualitas Pancasila” ini, kedirian yang sifatnya personal akan tumbuh sehat kalau dibekali karakter personal yang baik, seperti: jujur, kerja keras, dan pantang menyerah.

“Karakter personal ini biasanya bersifat universal, yang ditumbuhkan lewat moral keagamaan dan adat istiadat,” kata alumnus Universitas Padjadjaran Bandung ini.

Akan tetapi, kata Yudi Latif, pribadi baik hanya akan mengalami perkembangan optimum dalam kolektivitas yang baik. Bahkan, pribadi baik bisa menjadi buruk kalau hidup dalam lingkungan kolektif yang buruk.

Untuk menciptakan kolektivitas yang baik, dia memandang perlu  pembentukan karakter kolektif yang baik juga. “Dalam konteks Indonesia, pembentukan kolektif yang baik itu dikembangkan melalui pembudayaan nilai-nilai Pancasila,” kata Yudi Latif menegaskan.

Sebelumnya, Yudi Latif tampil sebagai pembicara kunci di webinar Bedah Buku “Pancasila untuk Tunas Bangsa”. Webinar ini diselenggarakan oleh Institut Sarinah (InSari) pada hari Sabtu (26/9).

Narasumber lain, Sunarsih, guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Parung Panjang, Bogor, menyatakan bahwa buku “Pancasila untuk Tunas Bangsa” sangat berguna, termasuk untuk metode daring pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here