Vaksin Covid-19 Harus Bisa Diakses Semua Negara

Ilustrasi vaksin Covid-19 buatan Rusia. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Indonesia dalam pertemuan G20 menekankan pentingnya vaksin Covid-19 agar menjadi global public goods yang dapat diakses secara universal, serta mendukung pengembangan vaksin yang berkualitas, aman, dan efektif.

“Agar nantinya dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Affandi Lukman dalam pernyataan di Jakarta, Sabtu(3/10).

Rizal selaku Sherpa G20 Indonesia saat menghadiri pertemuan virtual Sherpa G20 ke-3 beberapa waktu lalu mengatakan Indonesia sudah menerapkan langkah-langkah kebijakan yang komprehensif dalam menangani dampak pandemi Covid-19 secara nasional.

Langkah kebijakan tersebut bertujuan untuk melindungi kesehatan masyarakat, melindungi kelompok paling rentan yang terkena dampak, menciptakan lapangan pekerjaan baru, serta memulihkan perekonomian nasional.

Dalam kesempatan tersebut, para Sherpa G20 sepakat untuk berkolaborasi dan bekerja sama guna mengatasi dampak pandemi Covid-19, pemulihan pertumbuhan perekonomian, serta penciptaan lapangan kerja dan membentuk masa depan yang resilience terhadap krisis.

Selain itu, G20 juga sepakat untuk terus mendorong kerja sama dalam pengembangan vaksin dan obat-obatan yang mudah diakses dan terjangkau guna mempercepat pemulihan krisis global serta memberikan proteksi dan dukungan terhadap kelompok yang paling rentan.

Dalam penyiapan pernyataan bagi pemimpin negara (Leaders Declaration), Indonesia memberikan masukan agar vaksin Covid-19 dapat menjadi barang universal, mendorong fokus pencapaian SDGs di tengah pandemi, mendukung mekanisme pendanaan inovatif seperti blended finance dan menyampaikan pentingnya ekonomi kreatif untuk pemulihan perekonomian

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here