130 Dokter dan 92 Perawat di Indonesia Meninggal karena Covid-19

Dokter dan staf kesehatan melepas jenazah dokter yang gugur setelah positif Corona atau Covid-19. Foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Sebanyak 130 dokter dan 92 perawat di Indonesia meninggal dunia akibat Covid-19. Laporan terakhir, ada lagi tiga dokter dinyatakan meninggal karena virus asal Wuhan, China, tersebut.

Wakil Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Ari Kusuma menguraikan, 67 di antaranya adalah dokter umum, 61 dokter spesialis dan dua dokter residen.

“Kehilangan para tenaga kesehatan merupakan kerugian besar bagi sebuah bangsa, terutama dalam pengembangan aspek kesehatan,” ujar Ari, dalam siaran pers, Minggu.

Ari mengatakan delapan di antara dokter yang gugur itu adalah guru besar.

Sementara sembilan lainnya adalah dokter gigi, yaitu enam dokter gigi umum dan tiga spesialis. Selain itu, sudah 92 perawat yang gugur karena Covid-19.

Ari mengatakan bahwa tanpa pandemi Covid-19 pun, Indonesia adalah salah satu negara dengan rasio dokter terendah di Asia, bahkan dunia. Saat ini, rasio dokter di Indonesia hanya 1:3.000.

“Dengan banyaknya korban dari tenaga kesehatan saat ini, maka ke depan layanan kesehatan untuk Covid-19 maupun non-Covid-19 akan terganggu karena kurangnya tenaga medis,” kata Ari. (Aza/AA)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here