WHO: Satu dari 10 Orang Mungkin Sudah Terinfeksi Virus Corona

Petugas medis meyemprotkan cairan disinfektan kepada pasien COVID-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa sekitar satu dari 10 orang mungkin telah terinfeksi virus corona, membuat sebagian besar populasi dunia rentan terhadap penyakit Covid-19.

Kepada Dewan Eksekutif WHO, Mike Ryan, pakar utama keadaan darurat WHO menyampaikan perkiraan tersebut, yang berarti jumlahnya sudah 20 kali dari jumlah kasus global yang terkonfirmasi.

Dr Mike memperingatkan dunia sedang “menuju masa yang sulit,” Ketika Asia Tenggara menghadapi lonjakan kasus, Eropa dan Mediterania timur mengalami peningkatan, sementara situasi di Afrika dan Pasifik Barat “cenderung lebih positif.”

“Penyakit ini terus menyebar. Penyakit ini terus meningkat di banyak tempat di dunia,” katanya, dilansir ABC News, Selasa(6/10).

“Perkiraan terbaik kami saat ini menunjukkan sekitar 10 persen populasi global mungkin telah terinfeksi oleh virus corona.”

Mike didampingi oleh atasannya, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang beberapa menit sebelumnya memimpin peserta rapat mengheningkan cipta untuk menghormati para korban, kemudian bertepuk tangan untuk para petugas kesehatan yang telah berusaha menyelamatkan mereka.

Selama pertemuan tersebut, Amerika Serikat menyerang China dengan menyebut “kegagalan” memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu tentang wabah virus corona.

Tetapi Zhang Yang dari Komisi Kesehatan Nasional China, menjawab, “China selalu transparan dan bertanggung jawab untuk memenuhi kewajiban internasional kami.”

“China juga menjalin kontak erat dengan semua tingkat badan kesehatan PBB,” tambahnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here