Armenia – Azerbaijan Perang Sengit, WNI Hingga Kini Dalam Kondisi Aman

Tangkapan layar sebuah lokasi yang terkena hantaman roket dalam perang Armenia-Azerbaijan

Indonesiainside.id, Jakarta – Pemerintah memastikan WNI yang tinggal di Azerbaijan dan Armenia dalam kondisi aman meski terjadi perang antar kedua negara itu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah mengatakan berdasarkan catatan kementeriannya, tidak ada WNI yang tinggal di lokasi konflik di Azerbaijan ataupun Armenia.

“Sejauh ini WNI dalam kondisi baik,” kata Faizasyah kepada Anadolu Agency melalui pesan singkat pada

Menurut Kementerian Luar Negeri Indonesia, ada sekitar 141 WNI yang tinggal di Azerbaijan dan 6 WNI di Armenia.

Sebelumnya, bentrokan di perbatasan meletus pada Minggu pagi, setelah pasukan Armenia menargetkan permukiman sipil Azerbaijan dan posisi militer, yang menyebabkan korban jiwa.

Parlemen Azerbaijan kemudian mengumumkan keadaan perang di beberapa kota dan wilayahnya menyusul pelanggaran perbatasan Armenia dan serangan di wilayah Nagorno-Karabakh yang diduduki.

Hubungan antara kedua negara bekas Soviet itu tegang sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Upper Karabakh, atau Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

Empat resolusi dari Dewan Keamanan PBB dan dua resolusi dari Majelis Umum PBB, serta sejumlah organisasi internasional, menuntut penarikan pasukan pendudukan dari wilayah itu.

OSCE Minsk Group, yang diketuai oleh Prancis, Rusia dan AS, dibentuk pada 1992 untuk menemukan solusi damai bagi konflik tersebut, tetapi hingga saat ini upaya tersebut tak kunjung berhasil.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here