Jaga Kesehatan di Era Pandemi, Kemenag Luncurkan Profil Sanitasi Madrasah

Ilustrasi sanitasi di salah satu ponpes di Banyuwangi. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Tersedianya sarana air, sanitasi, dan kebersihan sangat penting untuk menjaga kesehatan, terutama pada era pandemi seperti ini. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani dalam acara peluncuran dan sosialisasi ‘Profil Sanitasi Madrasah 2020’ di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (13/10).

“Ketersediaan sarana cuci tangan dengan air mengalir dan sabun dapat mencegah penularan penyakit yang belum ditemukan obatnya ini. Ketersediaan sarana air, sanitasi dan kebersihan juga berdampak positif pada partisipasi pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dhani menyampaikan, peserta Didik yang sehat, terhindar dari tidak masuk sekolah atau membolos karena sakit. Sehingga tidak salah jika sanitasi madrasah ini mendorong peserta didik menjadi agen perubahan bagi rekan-rekannya yang Iain.

“Tidak saja di sekolah, berdasarkan studi pelaksanaan program sanitasi di berbagai sekolah dan madrasah di seluruh dunia, peserta didik juga ternyata dapat menjadi agen perubahan bagi keluarga dan masyarakat di sekitar. Pemenuhan sarana air, sanitasi dan kebersihan di sekolah juga bagian dari pemenuhan hak anak,” katanya.

Lebih jauh, Dhani menjelaskan pentingnya sarana sanitasi di madrasah, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memasukkan tiga indikator terkait sanitasi di madrasah dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berelanjutan. Indikator tersebut antara Iain, ketersediaan sarana air, sanitasi, kebersihan yang layak, dan memadai.

“Selama ini Kementerian Agama belum memiliki data dan informasi kondisi sanitasi di madrasah, sehingga menyulitkan untuk memantau dan membuat perencanaan yang lebih terarah. Alhamdulillah dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah Swt, atas rahmat dan karunia-Nya, Kemenag dengan dukungan teknis dari UNICEF Indonesia, GIZ dan SNV Indonesia telah berhasil menganalisa data Education Management Information System (EMIS) dan menyusun proful Sanitasi Madrasah 2020,” ucapnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here