Wakil Ketua MPR RI Dukung Perubahan Nama Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda

Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad. Foto: IG

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mendukung aspirasi beberapa tokoh yang menginginkan perubahan nama Provinsi Jawa Barat. Sebagian tokoh Jawa Barat mengusulkan perubahan nama menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda.

“Apa yang dilakukan oleh para tokoh dan masyarakat Sunda tersebut harus dilakukan secara terbuka, jangan underground. Tinggal mengatur strateginya saja,” kata Fadel dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (13/10).

Hal itu dikatakannya usai menghadiri acara “Dialog Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda”, di Perpustakaan Ajip Rosidi, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (12/10).

Fadel mengatakan kehadirannya dalam diskusi tersebut dalam rangka menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat dan merupakan salah satu tugas MPR. Dia mengatakan, pada waktunya nanti aspirasi dari tokoh dan masyarakat Sunda akan disampaikan kepada presiden.

“Aspirasi mengganti nama Jawa Barat dengan Sunda merupakan semangat baru demikian akan muncul budaya daerah sehingga tidak hilang ditelan waktu,” ujarnya.

Menurut Fadel aspirasi untuk mengganti nama Jawa Barat dengan Sunda sah-sah saja, anggota MPR dari Fraksi Gerindra, Fadli Zon pun juga mengusulkan nama Provinsi Sumatera Barat diganti nama dengan Provinsi Minangkabau.

Dia mengatakan apabila para tokoh Sunda bercita-cita mengganti nama Provinsi Jabar, disarankannya tinggal bagaimana mencari strateginya.

“Harus ada yang berani mempelopori dan berani memulai, seperti yang dilakukan oleh Fadli Zon dengan mengusulkan mengganti nama Sumatera Barat dengan Minangkabau,” katanya.​​​​​​​

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here