Satgas: Kasus Aktif Covid-19 Turun hingga 19,17 Persen

Tenaga medis dengan alat dan pakaian pelindung membantu pasien positif Covid-19 melakukan peregangan tubuh di ruang ICU Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, Rabu (13/5/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Willy Kurniawan/wsj.

Indonesiainside.id, Jakarta – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyatakan kasus aktif Covid-19 turun hingga 19,17 persen. Penurunan tersebut terjadi di tingkat nasional per 14 Oktober 2020.

“Jadi kasus kumulatifnya bisa kita lihat memang secara proporsi terus mengalami penurunan,” kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Dr. Dewi Nur Aisyah dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (14/10).

Dia mengatakan,  kasus aktif tersebut tidak dihitung dari total kumulatif jumlah kasus Covid-19 yang ada saat ini, tetapi diperoleh dari persentase jumlah orang yang sedang sakit dibagi jumlah orang yang terinfeksi.

Berdasarkan proporsi tersebut, tren kasus aktif Covid-19 di Indonesia terus mengalami penurunan sejak Maret hingga Oktober 2020.

“Jadi sejak awal kasus Covid-19 ditemukan di Indonesia pada awal Maret 2020 sampai sekarang 14 Oktober, kita lihat memang grafiknya menurun,” katanya.

Dia mengingatkan bahwa persentase kasus aktif Covid-19 tersebut sangat dinamis. Persentase kasus aktif bisa terus mengalami penurunan jika terjadi penurunan kasus, tetapi persentase tersebut juga bisa mengalami lonjakan ketika memang terjadi lonjakan kasus.

“Kita bisa lihat contohnya di Juli, di akhir Juli dia sempat turun, kemudian di awal-awal dia agak naik lagi. Awal September kita mengalami lonjakan kasus yang sangat tinggi. Ketika di akhir Agustus dia sudah mencapai titik rendah tetapi kemudian dia naik lagi di awal September,” ujarnya memberikan contoh.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here