Satgas Covid-19: Ada Vaksin, Masker Tetap Dipakai

Wanita Korea Selatan mengenakan masker di salah satu kegiatan. Foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, protokol kesehatan tetap harus dilakukan dengan disiplin meskipun nanti sudah ada vaksin.

“Tapi, tidak serta merta kalau kita dalam masa pandemi dan kita juga lagi belajar semua, seluruh dunia lagi belajar tentang penyakit ini, maka tidak serta merta dengan adanya vaksin terus kita tidak menjalankan protokol kesehatan. Protokol kesehatan menjaga jarak menggunakan masker, mencuci tangan itu tetap harus dilakukan,” kata Wiku dalam gelar wicara secara virtual dari Media Center Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di Kantor Graha BNPB Jakarta, Senin (19/10).

Bahkan, untuk meningkatkan imun tubuh, Wiku mengatakan tidak hanya dengan vaksinasi, tetapi juga bisa dengan istirahat yang cukup, olahraga yang cukup, dan makan makanan yang bergizi seimbang.

“Dengan demikian, imunitas kita juga akan tinggi, jadi proteksinya ‘double’ (ganda), kita sendiri terlindungi dengan protokol kesehatan dan kalau nanti ada vaksin terlindungi lagi ‘double’, karena kita harus betul-betul secara kolektif semuanya terlindungi agar bisa beraktivitas secara sosial ekonomi,” tuturnya.

Menurut Wiku yang juga Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, apabila vaksin yang sedang dikembangkan dapat menimbulkan imunitas yang baik sesuai dengan yang diharapkan melalui berbagai uji yang dipersyaratkan, otomatis akan memberikan perlindungan kepada masyarakat yang diberikan vaksin.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here