Empat Kesepakatan Presiden Jokowi dan PM Jepang

Presiden Joko Widodo bersama PM Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor, Selasa.

Indonesiainside.id, Bogor – Presiden Joko Widodo menyampaikan empat kesepakatan antara Indonesia dan Jepang pasca pertemuannya dengan Perdana Menteri Yoshihide Suga.

“Beberapa hal yang telah kita bahas dalam pertemuan antara lain yang pertama, kerja sama pengelolaan pandemi COVID-19,” kata Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers bersama PM Yoshihide Suga di Istana Bogor, Selasa.

PM Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga melakukan lawatan perjalanan luar negeri pertama ke Indonesia sejak resmi menjabat pada 16 September 2020.

“Sejak awal pandemi, Jepang merupakan mitra penting Indonesia dalam mitigasi pandemi termasuk evakuasi 69 ABK dari kapal Diamond Princes di Yokohama dan saya menyambut baik telah ditandatangani memorandum kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Jepang pada 19 Oktober lalu,” ungkap Presiden.

Indonesia juga menghargai komitmen dan kontribusi jepang bagi pembentukan COVID-19 ASEAN Response Fund.

“Saya juga mengajak Jepang memperkuat tata kelola kesehatan di kawasan untuk menghadapi pandemi di masa datang termasuk pembentukan ASEAN Centre for Public Health Emergencies and Emerging Diseases,” tambah Presiden.

Kedua, Presiden Jokowi dan PM Suga sepakat mengenai pentingnya pembentukan “travel corridor arrangement” bagi bisnis esensial kedua negara.

“Kami juga sepakat menugaskan menteri luar negeri Jepang dan Indonesia untuk menegosiasikan detail dan menyelesaikannya dalam waktu 1 bulan,” ungkap Presiden.

Ketiga, Presiden Jokowi dan PM Suga membahas kerja sama di bidang ekonomi dimana Jepang adalah salah satu negara mitra strategis Indonesia.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here