Anies Baswedan Susun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran untuk SMP, SMA dan SMK

Ujian nasional. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk tingkat SMP, SMA dan SMK sebagai bahan untuk diskusi konstruktif atas permasalahan di masyarakat.

RPP tersebut diharapkan menjadi pegangan bagi orang tua, guru dan anak-anak peserta didik di Jakarta dalam merangsang pemikiran anak-anak untuk peduli pada masalah-masalah yang diperbincangkan masyarakat.

“Disdik sudah menyiapkan yang biasa disebut RPP, itu adalah rencana pelaksanaan pembelajaran untuk SMP, SMA dan SMKĀ dan para guru sudah langsung punya pegangan,” kata Anies.

Anies mencontohkan untuk tingkat SMP ada empat kali pertemuan, membicarakan materi, tujuan, alat belajar, sumber belajar hingga cara penilaiannya.

Melalui RPP tersebut, Dinas Pendidikan menyiapkan bahan bagi para guru untuk bisa memanfaatkan apa yang menjadi diskusi percakapan di masyarakat sebagai bahan ajar untuk anak-anak sekolah.

“Jadi anak-anak diarahkan untuk bisa membahas, mereka bisa berdiskusi dan mengkaji bersama atas apa yang kita percakapkan di masyarakat. Sehingga situasi yang dibicarakan itu bisa merangsang anak-anak kita untuk peduli pada masalah-masalah yang ada di hadapan bangsa ini,” kata Anies di Jakarta, Senin (26/10).

Anies menambahkan bahwa RPP akan menjadi pedoman umum yang pelaksanaan teknisnya akan disesuaikan dengan kebijakan di sekolah masing-masing.

RPP ini diharapkan menjadi salah satu bahan pembelajaran jarak jauh antara guru, siswa dan orang tua sehingga sejak dini anak-anak dapat kesempatan untuk terbiasa membicarakan secara konstruktif permasalahan-permasalahan yang dibicarakan oleh masyarakat umum.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here