KPU Gresik Sediakan Bilik Khusus Bagi Pemilih dengan Suhu Tubuh 37 Celcius

Indonesiainside.id, Gresik – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gresik, Jawa Timur, akan menyiapkan bilik khusus bagi pemilih yang diketahui memiliki suhu badan di atas 37 derajat Celcius ketika mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19 pada Pilkada 2020.

Ketua KPU Gresik Ahmad Roni di Gresik, Senin, mengatakan bilik khusus itu disiapkan untuk memisahkan antara pemilih yang memiliki suhu tubuh normal dan di atas 37 derajat Celcius sehingga tidak bercampur. Hal ini sebagai antisipasi penyebaran COVID-19.

“Kami tidak bisa melarang mereka (yang memiliki suhu 37 derajat Celcius) untuk datang ke TPS, karena mereka memiliki hak suara. Solusinya ya kami siapkan bilik khusus,” kata Roni dalam sosialisasi Pilkada 2020 bersama PWI Kabupaten Gresik.

Roni mengatakan setiap TPS secara umum memiliki dua bilik pencoblosan, kemudian ditambah satu bilik khusus sehingga total setiap TPS akan memiliki tiga bilik pencoblosan.

Ia menjelaskan jumlah TPS pada Pilkada Gresik mencapai 2.264 TPS, jumlah itu bertambah 64 TPS dari awalnya 2.200 TPS. Tambahan TPS juga dilakukan untuk menghindari kerumunan pemilih saat pelaksanaan Pilkada 2020.

“Untuk menghindari lonjakan pemilih saat pilkada nanti, kami sepakat menambah jumlah TPS. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan pilkada tetap aman dari penyebaran COVID-19,” katanya.

Sementara itu, pelaksanaan Pilkada Gresik pada 9 Desember 2020 diikuti dua pasangan calon (paslon) sesuai hasil penetapan dan verifikasi berkas masing-masing calon.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here