Dari 360 Jamaah Umrah Indonesia, Hanya 224 yang Lolos Laksanakan Ibadah di Tanah Suci

Makkah al Mukaromah. screenshot-gulfnews.com

Indonesiainside.id, Jakarta – Dari 360 jamaah dari Indonesia yang terdaftar dalam rombongan perdana pada 1 November 2020 lalu, hanya 224 jamaah yang lolos dan kini mulai melaksanakan ibadah di Tanah Suci Makkah, Rabu (4/110).

Mereka adalah jemaah yang berangkat pada 1 November dan sudah menjalani proses karantina di kamar hotel Makkah selama tiga hari. “Jamaah asal Indonesia yang tiba 1 November hari ini akan melaksanakan ibadah umrah,” terang Plt Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Oman Fathurahman di Jakarta.

Menurut Oman, mereka telah menjalankan proses karantina selama tiga hari sebagaimana diatur oleh Pemerintah Arab Saudi. Oman menyampaikan ada 224 jamaah Indonesia yang melakukan umrah pada Rabu. Selain itu, ada juga 38 jemaah asal Pakistan.

Hal senada turut disampaikan Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali. Menurut dia, jemaah Indonesia sore ini akan mengambil miqat umrah dari Tan’im. Mereka akan dibawa dengan 13 bus dengan kapasitas per bus maksimal 19 orang.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan pemberangkatan jamaah dari luar negaranya sejak 1 November. Pada hari itu, sebanyak 224 jamaah asal Indonesia tiba di Arab Saudi mendarat di Saudi.

Diberitakan sebelumnya, banyak jamaah yang tidak jadi berangkat karena berbagai alasan. Selain ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebelum berangkat dari Jakarta, tidak sedikit yang ketinggalan pesawat akibat proses administrasi yang panjang. Misalnya, hasil tes usap atau visa belum keluar pada saat pesawat sudah mau berangkat.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here