Kekerasan di Intan Jaya Papua, Mahfud MD: Hasil Investigasi Komnas HAM dan Temuan TGPF Sama

Menko Polhukam Mahfud MD

Indonesiainside.id, Jakarta – Hasil investigasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait peristiwa kekerasan di Intan Jaya, Papua, telah diserahkan ke pemerintah.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memastikan temuan tersebut akan ditindaklanjuti. Terlebih lagi, hasil investigasi Komnas HAM pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan temuan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) bentukan pemerintah.

Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan laporan kekerasan tersebut nantinya akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Selain itu pemerintah akan segera menindaklanjuti laporan itu melalui jalur yang tersedia yakni penegakan hukum tanpa pandang bulu.

“Pertama ada yang sama persis, diantara kami. Menko Polhukam dan Komnas HAM itu sama persis memiliki keinginan dalam melaksanakan penegakan perlindungan hak asasi manusia yang jauh dari kekerasan dalam menyelesaikan masalah,” ujar Mahfud MD, Rabu (4/11).

Menurut dia, ada beberapa temuan yang sama, tentang peristiwa kekerasan di Intan Jaya. “Yang berbeda sedikit soal sudut pandang dan segi teknisnya. Tetapi secara prinsip sama,” kata Mahfud.

Sementara itu, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik memastikan laporan yang dibuat lembaganya sangat rinci dan terdapat tujuh butir rekomendasi yang salah satunya merupakan penegakan hukum.

“Penegakan hukum harus akuntable dan meyakinkan seluruh masyarakat, terutama memenuhi rasa keadilan bagi korban dan keluarga korban,” ujar Ahmad Taufan Damanik.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here