TNI AL Perkuat Kerja Sama Militer dengan Angkatan Laut Australia

Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono memimpin Delegasi TNI AL dalam forum diskusi antar-Angkatan Laut (Navy to Navy Talk/ NTNT) ke-13 dengan Angkatan Laut Australia (The Royal Australian Navy). Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Didik Setiyono mengatakan, pihaknya ingin memperkuat kerja sama militer dengan Angkatan Laut Australia (The Royal Australian Navy/ RAN) dengan mengikuti forum diskusi antar-Angkatan Laut (Navy to Navy Talks/ NTNT) ke-13 secara daring dari Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/11).

Asops Kasal menambahkan bahwa hubungan kerja sama antara TNI AL dan RAN sudah terjalin dengan baik serta banyak kesepakatan-kesepakatan yang telah dilaksanakan bersama.

“Meskipun kita sekarang sedang berada di tengah pandemi COVID-19, namun tidak mengurangi semangat untuk mengadakan kegiatan NTNT Ke-13 ini secara virtual. Kami berharap pandemi ini tidak menjadi halangan untuk terus terjalinnya kerja sama TNI AL dan RAN guna terus membangun kepercayaan, mengatasi hambatan, dan meningkatkan kerja sama di beberapa kegiatan ke depannya,” ujar Didik saat memimpin Delegasi TNI AL dalam kegiatan di Jakarta.

Sedangkan Delegasi RAN dipimpin oleh Laksamana Muda (Rear Admiral/RADM) Christopher Smith, selaku Deputi Kepala Staf Angkatan Laut Australia (Deputy Chief of The Royal Australian Navy) dari Canberra secara daring. Untuk di Jakarta, perwakilan RAN dihadiri oleh Atase Pertahanan Australia Kapten Matthew Brown beserta staf.

NTNT ke-13 kali itu membahas tentang Tinjauan NTNT sebelumnya yang digelar pada 2019, mulai dari pembahasan notulen dan dokumentasi kegiatan (Minutes and Action Items), Perspektif Keamanan Strategis dan Regional (Strategic and Regional Security Perspective), perencanaan operasi-operasi dan pelatihan-pelatihan (Operations and Excercises), serta bahasan terkait pendidikan dan kunjungan kerja antar-anggota (People Education and Exchanges).

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here