Duta Perubahan Perilaku Jadi Ujung Tombak Memutus Rantai Penularan Covid-19

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Dr. Sonny Harry B Harmadi, dalam talk show yang digelar Satgas Covid-19 dari Graha BNPB Jakarta, Kamis(12/11).

Indonesiainside.id, Jakarta – Duta Perubahan Perilaku menjadi ujung tombak Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk memutus rantai penularan Covid-19 di masyarakat. Mereka merupakan educator sekaligus sosialisator yang tanpa henti-hentinya memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya Covid-19.

“Kita tidak mampu menjangkau semua orang, karenanya kita membutuhkan duta perubahan perilaku, yang akan memberikan edukasi kepada masyarakat,” kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Dr. Sonny Harry B Harmadi, dalam talk show yang digelar Satgas Covid-19 dari Graha BNPB Jakarta, Kamis(12/11).

Dijelaskannya, para duta perubahan perilaku tersebut akan menyasar juga kepada masyarakat yang masih belum percaya bahwa Covid-19 ini ada. Bahwa virus yang kini vaksinnya atau penangkalnya sedang diusahakan oleh negara-negara di dunia itu memang benar-benar nyata.

“Mereka akan menjelaskan bahwa Covid itu nyata bukan konspirasi. Termasuk bagaimana bersama memutus penularan tersebut melalui penerapan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya.

Para duta perubahan perilaku ini perannya menjadi vital karena selain membantu mensosialisasikan pencegahan penularan Covid-19, mereka juga akan mengingatkan masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan 3M. Yaitu, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak.

“Memutus rantai penularan ini tidak boleh bosan, tapi harus dilakukan terus menerus dan dilakukan bersama-sama,” sambungnya.

Dr Sonny Harry B Harmadi mengaku bersyukur karena antusiasme masyarakat untuk menjadi duta perubahan perilaku ini sangat besar. Dari awalnya 26 ribuan orang pada 25 hari lalu diumumkan, kini jumlahnya sudah tembus di angka 29 ribu orang.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here