Politisi Demokrat: Pemanggilan Anies Baswedan Tidak Wajar

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat bertemu dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri), Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono di Balai Kota, Selasa (18/8). Foto: Dok Humas Pemprov DKI

Indonesiainside.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil polisi untuk dimintai keterangan terkait acara pernikahan anak Habib Rizieq Shihab. Pemanggilan ini dinilai tidak wajar, apalagi posisi Anies diatas kepolisian wilayah dan harusnya yang meminta keterangan adalah Menteri Dalam Negeri.

“Pemanggilan @aniesbaswedan soal keramaian oleh Polisi tidak wajar. Karena pertanggungjawaban Anies sebagai Gubernur itu pertanggungjawaban politik.,” kata politikus Partai Demokrat Andi Arief dalam Twitternya, Selasa(17/11).

Jabatan seorang Gubernur juga jabatan politik dan posisinya diatas kepolisian wilayah, sehingga seharusnya yang meminta klarifikasi adalah Mendagri.

“Posisi Anies di atas kepolisian wilayah. Karena jabatan politik. Harusnya Mendagri yang berhak memanggil Gubernur.” lanjutnya.

Di sisi lain, jika memang pemerintah ingin menegakkan aturan, jangan tebang pilih. Aturan ini harus diterapkan merata sesuai konstitusi termasuk dalam masalah Pilkada.

“Aturan dalam menegakkan protokol kesehatan harus diterapkan secara adil kepada semua pihak. Sebab, hampir seluruh tahapan Pilkada Serentak 2020 juga menimbulkan kerumunan yang jumlahnya mencapai ratusan massa,” kata Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Riano P Ahmad, Senin(16/11).

Namun, dirinya mengaku tidak mengetahui pasti apakah pihak-pihak terkait juga dikenai sanksi sebagaimana aturan yang berlaku

“Kalau bicara soal kerumunan, banyak juga terjadi di tempat lain. Saya kira hampir seluruh daerah yang menggelar Pilkada ya. Nah, apakah Kapolda atau Kapolresnya dicopot? Saya tidak tahu. Apakah kepala daerahnya diperiksa? Saya juga tidak tahu,” kata Riano.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here